Tertanggal 8 November 2019, Pusat TI dan Pangkalan Data IAIN Ambon melakukan evaluasi pelaporan perkuliahan periode 2018 genap yang mana pelaporan periode tersebut resmi ditutup pada tanggal 30 Oktober 2019. Kepala TI dan Pangkalan Data mengundang para ketua program studi guna memaparkan hasil evaluasi pelaporan periode genap lalu. Data yang dilaporkan merupakan semua aktivitas perkuliahan yang terjadi di lingkungan IAIN Ambon pada semester genap, baik mahasiswa yang aktif kuliah maupun mahasiswa yang telah lulus pada periode tersebut.
Mengingat banyak data yang belum terlaporkan secara maksimal, maka Kepala TIPD yang sekaligus operator PDDIKTI untuk IAIN Ambon berharap adanya transparansi data antara Prodi, Fakultas, Akademik dan PDDIKTI yang hasilnya akan dilaporkan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Sehingga semua pihak bisa memantau kelebihan dan kekurangan data yang dilaporkan maupun data yang beredar dalam aktivitas perkuliahan setiap semester.
Dari pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, memunculkan satu titik terang yang segera ditindak lanjuti dikemudian hari, hal tersebut berupa penggunaan Sistem Informasi Akademik secara totalitas. Mahasiswa dan dosen diharuskan lebih menjalin hubungan erat dengan sistem akademik yang diberlakukan di IAIN Ambon, sehingga semua aktivitas bisa lebih mudah dipantau oleh mahasiswa dan dosen masing-masing program studi. Demi keberlanjutan dalam pemanfaatan data, mahasiswa dan dosen diwajibkan untuk meng-update data pribadi secara rutin pada sistem informasi akademik.
Pada akhirnya semua aktivitas yang dilakukan di IAIN Ambon tidak terlepas dari data, baik data pribadi, data akademik, data perkuliahan, akan difungsikan untuk keperluan yang lebih membawa IAIN Ambon beberapa tahun kedepan, mulai dari tertatanya data akademik, proses perkuliahan, dukungan data terhadap akreditasi dan sebagai data pendukung Alih Status IAIN Ambon menjadi UIN.

Categories: Terkini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *