PROFIL PASCASARJANA

IAIN AMBON

Sejarah Singkat Pascasarjana 

Program Pascasarjana (PPs) IAIN Ambon didirikan berdasarkan persetujuan Menteri Agama RI, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama R.I., Mohammad Ali, No.  Dj 1/1813/2011. Tentang Izin Penyelenggaraan Pascasarjana Strara Dua (S2) Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Ambon Tahun 2011.

Pada awalnya Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam diselenggarakan  untuk  memenuhi  kebutuhan peningkatan sumber daya Pendidikan Agama Islam di Provinsi Maluku. Pascasarjana  IAIN  Ambon  melalui program  magister Pendidikan  Agama  Islam  berupaya membangun wawasan keislaman yang bernuansa multikultural.

PPs IAIN Ambon dituntut mampu mencetak alumni magister yang ahli dalam bidang Pendidikan  Islam  yang  bernuansa  multikultural untuk turut berperan membangun peradaban sosial keagamaan di Maluku pasca bencana kemanusiaan.

Pentingnya pemahaman pendidikan Islam bernuansa multikultural yang komprehensip di Maluku belum ada bentuknya secara permanen dan sistematis. Sebab Maluku sebagai salah satu provinsi di Indonesia Timur yang kaya akan sumber daya Alam yang melimpah menarik banyak orang untuk berdatangan  baik lokal maupun mancanegara sehingga membawa perubahan sosial  yang besar, oleh karena itu perlu dipersiapkan generasi yang mampu beradabtasi dengan perubahan sosial tersebut. Dimana perubahan sosial dalam memahami karakterisktik kebudayaan, keagamaan, dan pesatnya perkembangan teknologi menafsirkan kode budaya dan bahasa dari berbagai suku bangsa dan negara, agar mampu bersaing dan mewarnai kehidupan multikultural di Maluku. 

PPs IAIN Ambon pertama kali dibawah kepemimpinan Dr. Basman., yang menjabat dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015, kemudian di ganti dengan Dr. Ismail DP yang menjabat dari tahun 2015 sampai dengan pertengahan tahun 2016. Pada akhir tahun 2016 kepemimpinan Program Pascasarjana dijabat oleh Prof. Dr. Abdul Khalik Latuconsina, M.Si.,

Pada tahun 2017 Program Magister Pendidikan Agama Islam diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan memperoleh nilai B berdasarkan putusan nomor 1189/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2017 tertanggal akreditasi ini berlaku sampai pada tahun 2022. Selain itu di tahun yang sama Program Pascasarjana membuka jurusan baru yaitu Hukum Keluarga Islam

Pada tahun 2017 Program Pascasarjana IAIN Ambon dipimpin oleh Direktur Prof.Dr. Abdul Khalil Latuconsina, M.Si., Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Dr. H. Rustina Nurdin, M.Ag, Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam Dr. Hasan Lauselang. M.Ag.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *