Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Negeri Ambon
FAKULTAS   : Ushuluddin Dan Dakwah
Dekan    : Dr. Ye Husen Assagaf, M.Fil.I
Alamat: Jl. Dr. Tarmidzi Taher Kebun Cengkeh Batu Merah Atas, Ambon 97129
Homepage: https://fdu.iainambon.ac.id/

Sejarah Singkat

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (USWAH), Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, berdiri pada tahun 1991 dan mengalami metamorfosis seiring perkembangnya dinamika Pendidikan Tinggi yang kemudian di sahkan berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI No. 8 Tahun 2011 Tentang Perubahan atau Peraturan Menteri Agama No. 10 Tahun 2007 Tentang Pendirian Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon.
Fakultas USWAH terdiri dari 6 Jurusan yakni Akidah Filsafat Islam (AFI), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Sosiologi Agama (SOSAG), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Jurnalistik Islam.

VISI

Profesional dalam mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kebudayaan, dan teknologi di bidang keilmuan Ushuluddin dan Dakwah dalam bingkai multikultural pada 2032.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara profesional dalam pengintegrasian keislaman, keilmuan, seni, budaya dan teknologi di bidang keilmuan Ushuluddin dan Dakwah sehingga menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi peradaban.
  2. Mengembangkan ilmu keislaman, budaya dan teknologi di bidang keilmuan Ushuluddin dan Dakwah yang integral dalam konteks multikultur.
  3. Menyelenggarakan penelitian secara profesional dalam pengembangan keilmuan Islam, budaya dan teknologi di bidang keilmuan Ushuluddin dan Dakwah.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keilmuan Ushuluddin dan Dakwah berbasis multikultural.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga baik perguruan tinggi maupun non perguruan tinggi di level lokal, nasional dan internasional

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan yang mengintegrasikan keilmuan, seni, budaya dan teknologi.
  2. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas kemahasiswaan yang inovatif dan dinamis
  3. Mampu meningkatkan kompetensi, komitmen dan kontribusi SDM bagi kemaslahatan masyarakat.
  4. Menghasilkan penelitian yang unggul dan kompetitif dalam bidang Ushuluddin dan Dakwah dengan mengintegrasikan keislaman, keilmuan, seni, budaya dan
  5. Menghasilkan pengabdian masyarakat dalam mengintegrasikan keislaman, keilmuan, seni, budaya dan
  6. Menghasilkan kerjasama dengan Fakultas, lembaga (Institusi) lainnya, baik lokal nasional maupun internasional dalam rangka pengoptimalan Tridharma Perguruan Tinggi.

Srtuktur Organisasi